Tips Merawat Filter Air

TIPS MERAWAT FILTER AIR HARGA DEPOT AIR MINUM
Tidak sedikit orang yang cepat merasa puas dengan air yang dihasilkan setelah membeli dan memasang filter air, tetapi beberapa hari kemudian mulai timbul keluhan, kecewa, bahkan marah karena merasa tertipu, ternyata filter air yang dibeli tidak bekerja sesuai harapan. Setelah ditelusuri ternyata adalah ketidak patuhan konsumen menjalankan operasional prosedur yang seharusnya terhadap filter air. Tidak ada filter air yang seratus persen bebas dari perawatan. Untuk itu kenalilah dan rawatlah Filter Air anda agar selalu menghasilkan air bersih dan sehat bagi kehidupan anda dan keluarga. Bagaimana caranya/

Mari simak tips merawat filter depot air minum berikut ini :

1. Pastikan Air di Toren Anda Cukup

Selama anda membersihkan tabung filter air yang anda miliki, ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu bahwa persediaan air untuk proses pembersihan tabung filter air cukup banyak. Anda jangan melakukan pembersihan saat air di tangki penampungan / toren tinggal sedikit. Halitu akan mengakibatkan hasil pembersihan menjadi kurang masksimal.

2. Lakukan proses BACKWASH

Lakukan proses pembersihan secara backwash seminggu dua kali Hal ini bertujuan untuk mencuci media agar media yang anda gunakan lebih tahan lama. Untuk proses backwash sendiri, anda harus perhatikan aliran air dalam proses backwash, yaitu masuknya air dari bawah dan keluar dari bawah.

3. Ganti media filter air anda secara berkala

Media dalam filter air akan jenuh karena aktivitasnya dalam menyaring air. Ada baiknya, anda rajin mengganti media filter air anda agar fungsi filter air anda tetap berjalan optimal.
Jika anda menggunakan filter air HYDRO, anda akan mendapatkan gratis penggantian media selama 0-3 bulan. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi HYDRO water technology untuk mendapatkan filter air yang berkualitas.

Tips merawat jenis filter depot air minum dan bentuknya

Pembersihan dan penggantian media Filter Air / saringan air adalah mutlak untuk dilakukan untuk menjaga kualitas hasil produksi agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Terlambat / lalai dalam membersihkan filter Air Minum akan mengakibatkan penurunan kualitas hasil filterisasi. Berikut adalah cara membersihkan Filter Air/ saringan air untuk depot Air Minum isi ulang dan rumah tangga

1. Berbentuk Tabung ( Dengan konstruksi banyak kran ) Cara membersihkan tabung Filter Air Minum: Pertama tama harus dipastikan bahwa persediaan air untuk perbersihan adalah cukup banyak dan mengalir / pompa posisi ON, artinya jangan melakukan pembersihan pada saat air di tangki penampungan / tandon / toren tinggal sedikit.

Untuk rumah tangga, jangan melakukan pembersihan pada saat air PAM sedang kecil keluarnya / tekanan lemah. Hal ini akan mengakibatkan hasil pembersihan kurang maksimal. Lakukan pembersihan dengan cara BACK WASH / ARUS BALIK, artinya jika arus air untuk proses filterisasi masuknya dari atas dan keluar dari bawah, maka untuk proses BACK WASH adalah kebalikannya, yakni arus air masuk dari bawah dan keluar dari atas.

Soal KRAN mana yang harus dibuka tutup silahkan anda pergunakan logika anda sendiri, karena untuk menjelaskannya disini agak rumit karena konstruksi kran pada tabung filter air berbeda beda satu dengan lainnya (Jual Filter Air). Jika anda ragu, sebaiknya hubungi penjual tabung tsb.

2. Berbentuk Tabung ( Dengan kran Three Way Valve ) Cara membersihkan tabung Fiber (Wave Cyber, Pentair, Stainless) : Diantara jenis tabung yang paling mudah pembersihannya adalah tabung dengan kran three way valve ini. Pertama tama seperti halnya diatas, pastikan air untuk pembersihan dalam keadaan berisi / bertekanan dan tidak kosong.
Kemudian tutup kran keluar (jika ada) agar air yang kotor pada saat back wash tidak masuk ke dalam rumah / tangki penampungan. Selanjutnya ikuti instruksi yang tertulis pada body kran three way valve (Jual Filter Air).
  • Untuk pembersihan tempatkan posisi kran pada tulisan back wash, maka akan keluar air kotor dari pipa pembuangan.
  • Untuk pembilasan tempatkan posisi kran pada tulisan Rinse, maka akan keluar air pembilasan pada pipa pembuangan.
  • Setelah selesai, tempatkan posisi kran pada tulisan Filter Air Minum.
  • Selesai klik Suplemen Vitamin dan Suplemen.
Catatan tambahan : 
Biasanya untuk proses back wash sampai selesai memakan waktu 15 s/d 30 menit (tergantung kekeruhan air). Pada 10 menit pertama posisi kran harus dipindah dengan pola: Back wash —-> Rinse —-> Back wash —-> Rinse dengan jeda per 2 menit hingga air yang keluar benar benar bersih. Jika sudah bersih silahkan pindah ke posisi Filter dan selesai.

0 komentar "Tips Merawat Filter Air", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

MEDIA SOCIAL



facebook twitter google plus linkedin rss feed email


Temukan juga kami di