TANYA JAWAB

Ditulis oleh: -


Biasanya rasa air hasil mesin filter air minum Reverse Osmosis tersebut Pahit ? Karena biasanya air minum Reverse Osmosis (RO) ini terasa pahit, serta keasamannya sangat tinggi, sangat asam, ( pH < 7.0 - terbalik ya !!!)

Jawab : Memang banyak yang beranggapan bahwa air minum hasil mesin Reverse Osmosis ini
terasa pahit dan asam, mungkin karena terlalu rendah pH nya, atau terasa asam keasamannya
(pH kurang dari 6.5), karena air baku PDAM yang masuk biasanya pH nya sangat rendah, maka sebaiknya ditambahkan penyaring tambahan ”Post Carbon Filter” yang dapat ditambahkan sesudah air minum Reverse Osmosis ini, atau dapat juga dengan menambah penyaring tambahan khusus untuk meningkatkan pH air yang disebut ” Alkaline Filter ”. Jika pH air baku dari PDAM cukup tinggi, maka tidak diperlukan lagi tambahan ini.




Berapakah TDS air RO maksimum atau minimum, yang dapat diproses untuk Air Minum Reverse Osmosis (RO) ini ?



Jawab : TDS air RO maksimum atau minimum, tergantung dari sumber air PDAM yang masuk (inlet) ditempat Anda, semakin tinggi TDS air PDAM yang masuk, maka akan semakin tinggi pula hasil TDS air RO ini. Sebagai contoh, jika TDS sumber air PAM yang masuk adalah 100 ppm, maka hasil air minum RO akan diperoleh dibawah 10 ppm, dengan air buangan (drain) akan mencapai 150 ppm sampai dengan 200 ppm. Sebaliknya jika sumber air PAM ini sebesar 150 ppm, maka kemungkinan hasil air minum RO ini akan diperoleh diatas 10 ppm, dan seterusnya. 
Kesimpulan : Tidak menjadi masalah berapapun TDS air hasil RO ini, sepanjang masih dibawah 50 ppm, maka cukup aman untuk diminum.




Berapa lama pemakaian mesin air minum Reverse Osmosis dapat digunakan atau berapa lama penggantian cartridge penyaring sedimen , G.A.C., Carbon Block, membrane RO, dan Post Carbon tersebut, atau berapa ribu liter pemakaian air ini, untuk penggantian penyaringan tersebut.
Jawab : Tergantung kualitas air baku, dan juga tergantung jumlah air yang diproses menjadi air RO setiap harinya (jumlah GPD -Galon PerDay) Jika Anda menggunakan Reverse Osmosis untuk air PDAM (TDS < 100 ppm ), pada mesin RO untuk pemakaian rumah tangga biasa, dengan kapasitas normal yaitu 50 GPD (galon per hari ukuran 3.75 L/Galon ), maka rata rata penggantian penyaring sedimen, GAC dan Carbon Block, kira kira 6 ~ 12 bulan, sedangkan untuk penggantian membran reverse osmosis 1 ~ 2 tahun. Tergantung TDS awal (air baku). 
 




1. apakah Air minum hasil mesin filter air minum Osmosis adalah sudah sehat untuk langsung di Konsumsi ?
Betul sekali, Anda tidak perlu lagi Memasak air, sebab hasil air minum dari mesin filter air minum RO  sudah melalui membrane pemisahan/Desalination yang amat lembut, selembut 0,0001 mikron atau 1 lembar rambut yang dibelah menjadi 1 juta, sehingga semua Bakteri, Virus, serta Racun sudah dibuang menjadi air buangan dari mesin ini, seperti air yang sudah melalui penyaring Ginjal diluar tubuh kita sehingga sudah menjadi amat sehat, murni serta higyenis.

2. Kalau begitu apakah sudah menjadi air murni yang tidak ada apa-apanya lagi ?
Jika yang dimaksud adalah Air murni, maka itu adalah sama dengan Air Accu.... Oh tidak. dalam hal ini yang dimaksud Murni adalah sudah murni terbebas dari Zat-zat yang merusak tubuh, sebab kandungan kimia dalam air ada 2 macam Mineral, yaitu Mineral Organik dan mineral An-Orgarnik. untuk mineral An-organik adalah tidak dibutuhkan tubuh, sementara Mineral Organik adalah masih dibutuhkan Tubuh. Jadi dalam hal ini mesin air minum Reverse Osmosis masih tetap mempunyai kandungan Mineral Organik yang dibutuhkan tubuh kita, sementara Mineral An-Organik yang merusak tubuh adalah sudah dibuang.

3. Mengapa pada mesin Reverse Osmosis/RO produk lain mengatakan sudah tidak ada Mineralnya sama sekali ?
Justru itu adalah sebagian dari kelebihan Produk mesin filter air minum Reverse osmosis , menggunakan Membrane/Penapis sistem Desalination atau Pemisahan adalah dari Prodauk USA.
Jika sudah tidak ada mineralnya sama sekali....ya sama saja dengan air hujan...??? itu malah Tidak Sehat.
Pada Mesin Air minum Reverse Osmosis masih tetap mengandung Kimia Mineral Organik (KmnO4) atau Kalium Permanganat, yang dimana Mineral tersebut adalah yang amat dibutuhkan Tubuh Kita, semantara Kimia AnOrganik yg tidak kita butuhkan adalah sebagian besar dibuang.

4. Apakah rasa air hasil mesin filter air minum Reverse Osmosis tersebut Pahit ? sebab banyak anggapan air minum Reverse Osmosis/RO adalah Pahit ?
oh....itu adalah Tidak seharusnya Pahit. justru Rasa Pahit dari air minum tersebut yang akan Menstimulir Getah Empedu keluar sehingga memperberat kerja Lever kita.
Memang banyak yang beranggapan bahwa air minum hasil mesin Reverese Osmosis adalah Pahit dan Pahit tersebut disebabkan karena Murni !?!?, Menurut kami : Jika Pahit tersebut adalah disebabkan terlalu Murni, maka Air hujan tersebut adalah seharusnya Pahit, sebab TDS air hujan adalah 0/Zero ???, Justru pada mesin filter air minum Reverse Osmosis yang berkualitas haruslah Tidak Boleh Pahit & amat Segar !.
Ada juga yang beranggapan bahwa rasa Pahit tersebut disebabkan tubuh kita yang kurang sehat dan beradaptasi, setelah menjadi sehat dengan minum air ro tersebut maka rasa pahitnya akan hilang ???, Kalau begitu apakah Semua orang yang minum air minum Reverse osmosis/RO dan terasa pahit maka orang tersebut adalah Tidak Sehat ???.
Menurut kami : Rasa Pahit adalah tetap Rasa Pahit. Justru pada Mesin Filter air minum Reverse Osmosis/Desalination/Pamisahan Tidak Pahit dan hasilnyapun Amat Segar sementara hasil kemurnian yang diukur dengan TDS meter adalah Amat Rendah.

5. Apakah Air Minum Reverse Osmosis bisa di Test kemurniannya ? Apa nama alatnya ?
sangat bisa, Alat test yang dipakai adalah Conduktivity meter (Daya Hantar / Uji sederhana memakai Lampu) dan juga TDS/Total Dissolved Solid meter (Total Larutan Padat yang terkandung dalam air), serta Elektrolisa BiMetal test.

6. Apakah Air hasil Reverse Osmosis tahan disimpan dalam jangka waktu lama, dan apakah harus ditempat Teduh seperti pada umumnya air kemasan ?
Air minum hasil Mesin Reverse Osmosis Victoria adalah amat sangat tahan disimpan dalam jangka waktu yang lama, itu adalah disebabkan air tersebut sudah benar-benar hygienis dan terbebas dari Bakteri serta Virus.
Untuk penyimpanan tidak diharuskan ditempat teduh, sebab air hasil Pemurnian Reverse Osmosis amat tahan dijemur sekalipun untuk jangka waktu yang lama.
Air minum hasil pemurnian Reverse Osmosis diolah tanpa mengandung Bahan kimia ataupun Pengawet, tetapi adalah diolah dengan sistim Pemisahan/Desalination.

7. Berapakah beaya Produksi untuk Air Minum Reverse Osmosis/RO rata2 perGallon  ?
Biaya produksi Air Minum Murni Reverse Osmosis/RO adalah berkisar antara Rp. 1000,- - Rp. 1500.- per Gallon/19 liter, Beaya tersebut adalah sudah diperhitungkan :
Beaya penggantian filter
Beaya listrik
Beaya air jika diumpamakan air sumber adalah dari PDAM
itu adalah perhitungan beaya Maksimal.

9. Berapa lama ketahanan Membranes Reverse Osmosis/RO  ?
Membranes kami menggunakan ex. USA serta didukung oleh segala Bahan filter yang digunakan yang dimana kami menggunakan semua bahan adalah Grade 1 semua, maka untuk Membranes atau Otak dari mesin Filter Air minum Reverse Osmosis adalah amat sangat tahan lama, bahkan sampai bertahun-tahun untuk tetap stabil hasilnya.

8. Bagaimanakah pH hasil air minum Reverse Osmosis/RO ? Apakah bisa Ideal ?
Ya. Untuk Depot Air Minum Isi Ulang Reverse Osmosis/RO minimal Kapasitas 8000 liter/400 Gallon perhari adalah bukan hanya TDS (Total Dissolved Solid) saja yang amat rendah, tetapi juga pH hasil Air Minum  adalah sesuai Standart yaitu 6,5 - 8,5 point, yang dimana hal tersebut adalah amat Penting bagi tubuh kita sehingga amat sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia, serta Rasa Air Minum Reverse Osmosis/RO kami juga Amat SEGAR dan Tidak PAHIT bahkan ada manisnya.

9. Berapakah TDS air Maksimal yang dapat diproses untuk Air Minum Reverse Osmosis/RO ?
TDS sumber air Baku yang mampu kami proses adalah tergantung dari sumber air yang tersedia ditempat anda, kami tidak mengharuskan sumber air harus dengan syarat begini atau begitu, yang paling penting adalah sumber air tersebut adalah cukup banyak serta lancar.
Semua kondisi air dapat kami proses untuk menghasilkan Air minum yang bagus. 

1 komentar:

  1. Berapa lama ketahanan Membranes Reverse Osmosis/RO jika penggunaan bahan baku yg memiliki zat kapur sangat tinggi.. atau ada cara lain dan murah untuk merawat membrans tersebut..
    Ini menjadi acuan buat saya sebagai fomula pak..

    BalasHapus

MEDIA SOCIAL



facebook twitter google plus linkedin rss feed email


Temukan juga kami di